Rabu, 24 Agustus 2016

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Laser Knife di Industri Garment

laser knife
Apa itu laser knife? Sebagian besar di antara Anda tentu sudah mengenal arti dari bahasa Indonesia-nya, yaitu pisau laset. Namun, belum tentu mengetahui sebenarnya bagaimana bentuk, manfaat, serta fungsi dari pisau laser tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa di bidang garment atau konveksi besar laser knife memang berfungsi vital atau penting. Pisau laser tersebut berfungsi untuk memotong bahan kain yang digunakan dalam memproduksi jenis pakaian tertentu. Biasanya, laser knife digunakan saat pertama kali bahan kain dibuat pola. Dengan begitu, laser knife bisa memotong banyak kain sesuai pola yang dibuat dalam waktu relatif cepat. Pasalnya, laser knife sudah mengaplikasikan teknologi dengan sistem komputerisasi untuk memfungsikannya. Artinya, laser knife bekerja secara otomatis tanpa bantuan langsung tangan manusia.

Bagaimana cara kerja dari laser knife?

Setelah mengetahui apa itu laser knife secara umum, Anda juga perlu mengenal cara kerjanya. Hampir keseluruhan proses pekerjaan yang melibatkan laser knife diprogram secara komputerisasi. Pada awalnya, pola pakaian yang sudah dibuat perlu direkan terlebih dulu dengan sistem CAD/CAM. Setelah itu, hasil rekaman dipindahkan ke mesin potong yang sudah diletakkan di atas meja khusus dengan posisi tertentu. Selanjutnya, mesin potong yang sudah diprogram akan dinyalakan. Saat dinyalakan, laser knife akan berfungsi dengan semestinya. Terlihat pancaran sinar laser sebesar sekitar 0,1 mm. Pisau laser tersebut akan memotong kain di atas meja sesuai pola baju yang sudah direkam. Tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasilnya.

Bagaimana hasil dari pemakaian laser knife?

Dibanding pemotongan kain secara manual, penggunaan laser knife lebih halus. Selain itu, hasil pemotongan kain lebih akurat sesuai dengan pola pakaian yang telah dibuat. Berbeda saat pemotongan secara manual, biasanya terjadi pergeseran kain yang berujung ketidak akuratan potongan. Meskipun hasil potongannya bagus, tetapi diperkirakan masih sedikit yang mengaplikasikannya. Faktor utamanya, yaitu biasa untuk mendapatkan teknologi laser knife masih mahal. Dengan begitu, hanya perusahaan garment atau konveksi besar saja yang memilikinya. Itulah sedikit informasi mengenai apa itu laser knife.

by konveksi surabaya

0 komentar:

Posting Komentar